GuidePedia

0
Kopi Owa Jawa adalah salah satu kuliner khas yang ada di Petungkriyono. Petungkriyono memang terkenal akan keindahan alamnya. Namun dibalik keindahan alamnya tersebut, Petungkriyono juga menyimpan jajanan khas yang membuat lidah ini tergiur untuk mencicipnya. Yup, namanya Kopi Owa Jawa.

Owa Jawa dengan nama latin Hylobates moloch adalah Jenis kera kecil yang hanya ada di jawa, tersebar di jawa Tengah dan jawa barat, Primata ini biasanya hidup dalam kelompok kecil, bersuara keras di pagi hari, mempunyai jelajah yang tetap dan makanan kesukaanya adalah buah-buahan hutan. Owa Jawa adalah binatang dilindungi, namun saat ini terancam punah oleh fragmentasi habitat, degradasi hutan dan pemburuan. 
Diantara sisa-sisa hutan hujan tropis jawa, kopi dari hutan Sokokembang Petungkriyono tumbuh dibawah naungan pohon-pohon alami yang dihuni oleh satwa-satwa endemik Jawa, seperti Owa Jawa.

Kopi Owa Jawa tumbuh liar dan diproses secara tradisional oleh masyarakat sekitar hutan di dusun Sokokembang, Desa kayupuring Kecamatan Petungkriyono Kabupaten Pekalongan yang tetap mempertahankan pohon-pohon alami sebagai naungan, telah mempunyai konsekuensi yang penting bagi konservasi habitat Owa Jawa dan satwa-satwa endemik lainya.

Bagaimana proses pembuatan Kopi Owa Jawa ini?
Proses yang pertama, setelah kopi di petik dari pohon yang ada di hutan, masyarakat Desa Sokokembang biasanya memulai dengan menjemur Biji kopi terlebih dahulu.



Selanjutnya kopi dipilah menjadi 2 jenis menurut klasifikasinya, yaitu Kopi arabika dan robusta. Warnanya pun berbeda.

1. Kopi Arabika












2. Kopi Robusta














Proses selanjutnya, setelah benar-benar kering maka kopi diolah terlebih dahulu sebelum disajikan. Dulu pengolahan kopi owa jawa dilakukan secara tradisional, namun seiring berkembangnya teknologi dan mulai banyaknya pemesan kopi, kopi owa jawa ini digiling menggunakan mesin, namun walaupun di giling menggunakan mesin tidak akan menghilangkan cita rasa dari kopi owa jawa ini.


setelah kopi selesai di giling maka kopi siap diseduh. Rasanya bagaimana? tentu rasanya berbeda dari kopi-kopi yang dijual di warung-warung. Rasa dan aroma kopi owa jawa sangat khas dibandingkan kopi-kopi yang lainya.








Nah ini kopi yang sudah di kemas secara rapi. Ada arabika dan robusta dengan harga yang sangat terjangkau.


Posting Komentar

 
Top