GuidePedia

0
Desa Kutorojo terletak di Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan. Desa ini mempunyai 4 dusun yaitu dusun kutorojo, silawan, gunung telu, dan purwodadi dengan jumlah penduduk mencapai lebih dari 1400 penduduk. Desa kutorojo merupakan desa yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Desa kutorojo.

Luas Desa Kutorojo sendiri sekitar 749,015 ha dengan luas masing-masing dusun: Dusun Kutorojo 8,290 ha, Dusun Purwodadi 9,109 ha, Dusun Gunung Telu 11,258 ha dan Dusun Silawan 5,117 ha.
Potensi yang ada di Desa Kutorojo ada bermacam-macam, diantaranya potensi kuliner dan seni budaya. Untuk kuliner, Desa Kutorojo merupakan salah satu desa penghasil kopi dan gula aren. Sementara budaya yang dimiliki Desa Kutorojo adalah tarian Ronggeng yang merupakan tarian khas Jawa. Tarian Ronggeng masih sering dipakai sampai sekarang, biasanya tarian ronggeng dipakai untuk upacara ritual yang biasa disebut baritan atau nyadran oleh warga Desa Kutorojo. Tari tersebut bertujuan untuk menghibur para warga disana.


Di Desa Kutorojo terdapat sebuah curug atau air terjun yang dikenal dengan nama curug Luhur. Curug Luhur menyajikan pemandangan yang sungguh indah, airnya yang sangat jernih mengalir membuat mata ini takjub tatkala memandangnya.


Curug Luhur memiliki ketinggian sekitar 15 meter, walau terlihat tidak begitu tinggi namun pengunjung diharuskan untuk berhati-hati karena di curug Luhur ini sangat licin, adanya dinding-dinding yang bisa dipanjat menjadikan curug Luhur ini cocok bagi pengunjung yang suka berfoto selfie. Selain berfoto selfie pengunjung juga bisa bermandi-mandi ria dibawah curug Luhur ini karena airnya yang jernih dan menyejukkan ini.


Rimbunan pohon disekitar curug Luhur juga akan memanjakan pengunjung dalam menikmati suasana alam yang begitu mempesona.

Curug Luhur menjadi salah satu objek wisata yang dapat dikunjungi, selain curug Luhur ternyata ada satu tempat wisata lagi yang berada di Desa Kutorojo ini, yaitu Gua Putri. Seperti apa dan bagaimana gua putri itu, tunggu artikel kami selanjutnya :-)

Dikembangkan dari blog Gokutorojo
Foto by: Farid

Posting Komentar

 
Top