GuidePedia

0
Sejarah adalah ilmu yang tak kan terhapus oleh waku, sejarah adalah pengetahuan yang tak kan pupus oleh zaman. Tanpa sejarah, sebuah hal tak kan mengandung makna, tanpa sejarah, sebuah hal tak kan ada artinya..Berikut ini foto foto pekalongan tempo dulu, semoga kita dengan mengetahui seperti apa suasana pekalongan tempo dulu kita jadi lebih menghargai perjuangan pendahulu-pendahulu kita tersebut.

1. Balai Kota Pekalongan (sekarang menjadi museum batik)
Balai kota madya pekalongan yang sekarang digunakan sebagai museum batik pekalongan, di museum ini terdapat ratusan koleksi batik dari berbagai daerah di indonesia, bahkan ada batik tertua disimpan di museum ini.


2. Alun-alun Pekalongan
jaman dahulu presiden pertama republik indonesia pernah berpidato di lapangan alun alun pekalongan, ribuan warga kotabatik antusias menghadiri pada acara tersebut.

3. Bioskop Rex Pekalongan
Pekalongan jaman dahulu mempunyai beberapa bioskop, misalnya bioskop rex menjadi primadona sebagai hiburan tontonan.selain bioskop rex juga terdapat bioskop capitol. dan di era berikutnya dibangun juga bioskop rahayu, gajahmada, remaja dan ramayana.


4. Jembatan Loji

Suasana Jembatan Loji di foto tampak terlihat suasana warga pekalongan lalu lalang menuju ke pasar sentiling (sekarang banjarsari) untuk menjual hasil pertanian. dengan bergotong royong mereka semangat mendorong gerobak dengan barang bawaan yg agak berat. ditahun tersebut kaum laki laki masih jarang yang memakai baju


5. Gedung Keprisedenan Pekalongan

Bangunan tua ini terletak di jl. diponegoro nomor 1. sampai sekarang masih berdiri kokoh yang bisa digunakan sebagai tempat pameran buku, pameran inovaasi dan kreativitas pekalongan. bahkan anda bisa menyewa di area gedung ini sebagai tempat resepsi pernikahan. pada tahun 2014 pernah digunakan sebagai tempat tes CPNS dari kota tetangga seperti tegal dan kabupaten pekalongan


6. Jembatan Loji

Digambar terlihat orang mengayuh becak. jembatan loji sebagai penghubung dari warga pesisir pekalongan ke pasar banjar sari.


7. Jalan Sultan Agung/ Hasanudin

jl. sultan agung dan jl. hasanudin merupakan kawasan menuju ke pasar banjarsari, di foto terlihat ramai dengan bendera dan umbul umbul

8. Lapas Pekalongan
Lapas pekalongan berada di jl wr supratman dekat dengan pelabuhan pekalongan. di lapas pekalongan ki hajar dewantara pernah menjadi narapidana disini, beliau dihukum karena selalu menentang peraturan belanda karena berpihak kepada rakyat.


9. Lintasan Kereta Api Pekalongan

Jalur kereta api pekalongan jaman dulu sampai ke daerah wonopringgo, sering digunakan warga sekitar untuk ke pekalongan kota sekedar untuk berbelanja atau mengunjungi kerabat. sara kereta api juga digunakan sebagai alat mendistribusikan hasil pertanian, padi atau tebu dan pupuk.sampai sekarang rel yang tidak difungsikan masih terlihat misalnya di jl cendrawasih, jl veteran, depan pasar kraton


10. Masjid Jami' Pekalongan

Masjid  jami dikenal juga sebagai masjid kauman karena masjid ini terletak di kelurahan kauman, merupakan masjid tertua kedua setelah masjid Aulia di sapuro


11. Alun-Alun Pekalongan

Alun-alun pekalongan di era setelah kemerdekaaan digunakan sebagai tempat pemberhentian bis, orang yang ingin bepergian banyak berkumpul disini.


12. Kali Loji

Perayaan pek chun di pekalongan berlangsung dari kali banger tembus ke kali loji setelah itu menuju ke pantai. bagai mana dengan kali loji yang sekarang?


13. Bioskop Rahayu

Sekitar tahun 1970an bioskop rahayu sebagai tempat tontonan muda mudi pekalongan, bioskop ini sampai sekarang masih berdiri tampak seperti gambar (foto saya ambil bulan oktober 2014) terletak di depan matahari (hypermart)


14. Salah Satu Rumah Makan
Terletak di depan bioskop rahayu, rumah makan lok wam sekarang digunakan sebagai gedung matahari hypermart


15. proses pembuatan batik jaman dulu


16. peresmian monumen juang pekalongan 3 oktober 1945


17. SMP 2 Pekalongan jaman dulu

18. Pertigaan jalan di pekalongan pada tahun 1919


19. Sungai di pekalongan pada jaman dulu


20. Jalan hayam wuruk pekalongan


21. Peringatan taksis mahad pekalongan jaman dulu


22. Perayaan cap go meh di pekalongan jaman dulu tahun 1930


Posting Komentar

 
Top