GuidePedia

0
Pekan Kreatif Nusantara 2015 digelar di Kota Pekalongan. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa Kota Pekalongan telah dipilih sebagai salah satu kota kreatif dunia oleh UNESCO pada tanggal 1 Desember 2014 yang lalu. Tepat pada hari jadi Kota Pekalongan yang ke 109 yang jatuh pada tanggal 1 April 2015 akan diadakan penyerahan piagam yang diserahkan langsung oleh badan PBB itu kepada Walikota di Pekalongan.

Seperti yang dikatakan Walikota Pekalongan, "Ini merupakan pengakuan dunia terhadap Pekalongan. Tentu kami warga Pekalongan bangga. Karena menjadi satu dari 29 kota kreatif di dunia," ujar M Basyir Ahmad, Walikota Pekalongan, Jumat (6/3/2015) di Pekalongan

Oleh UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) yaitu sebuah Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, menurut Basyir, Pekalongan ditetapkan sebagai Kota Kreatif Bidang Kerajinan dan Seni Rakyat. Pengakuan ini membuat kota batik menjadi salah satu anggota jaringan 29 kota kreatif yang berada di 19 negara.

Pada penyerahan piagam yang akan diagendakan pada 1 April 2015 nanti, UNESCO akan memberikan kepada Menteri Pariwisata Arief Yahya untuk diteruskan kepada Walikota Pekalongan M Basyir Ahmad. Acara penyerahan piagam dipusatkan di kawasan budaya Jetayu, kota Pekalongan.

Pada acara itu rencananya akan dihadiri oleh delegasi perwakilan kota-kota Kreatif Dunia, para pejabat negara pemerintah pusat, anggota Asosiasi Pemerintah Kota di Indonesia, Gubernur Jawa Tengah, Kota dan Kabupaten di Jawa Tengah, pelaku dan komunitas ekonomi kreatif.

Basyir Ahmad menjelaskan, “Bersamaan itu, dari tanggal 1 hingga 5 juga akan di gelar Pekan Kreatif Nusantara di kawasan budaya Jetayu. Ini juga merupakan bagian kegiatan ulang tahun ke 109 kota Pekalongan,".

Berbagai kegiatan ekonomi dan industri kreatif akan digelar besar-besaran pada saat itu. Diantaranya pameran industri kreatif antara lain berupa batik, handycraft dan tenun, karya-karya kreatif perorangan, komunitas, dan masyarakat kreatif, kota-kota kreatif di Indonesia.

Selain itu juga ada festival kuliner se- Jawa Tengah, teatrikal kolaborasi wayang dan seni kontemporer, fashion show, kirab budaya, karnaval malam hari, festival mural dan grafity serta gelar seni dan budaya kreatif.

Tepat dihari jadi Kota Pekalongan itu juga akan diselenggarakan seminar dengan tema 'Industri Kreatif Menghadapi MEA' dengan pembicara Menteri Pariwisata Arief Yahya dan Walikota Bandung Ridwal Kamil. Serta Anne Avanty Desainer terkemuka, Seminar akan diikuti delegasi kota-kota kreatif se-dunia, Bank Indonesia juga menyelenggarakan dan menghadirkan nara sumber Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardoyo pada Seminar Ekonomi Produktif pada tanggal 2 April 2015.

Posting Komentar

 
Top