GuidePedia

0
Kerupuk Usek adalah salah satu kuliner khas Pekalongan. Sebenarnya krupuk usek ini tidak hanya diproduksi di Pekalongan saja. Dibeberapa kota di pesisir pantura (Pantai Utara) juga membuat krupuk usek hanya saja mungkin berbeda dalam hal bentuk dan rasanya.

Kerupuk usek di Pekalongan ini menjadi khas karena makanan ini menjadi alternatif lauk yang mahal. rasanya pun gurih dan renyah sehingga krupuk usek cocok dimakan sebagai lauk ataupun cemilan.

Bahan Baku

Bahan baku kerupuk usek diantaranya:
1. Tepung tapioka
2. Garam
3. Terasi
4. Penyedap rasa
5. Pewarna makanan
6. Ketumbar
7. Bawang putih




Proses Pembuatan

Proses pembuatan kerupuk dari bahan baku sampai siap digoreng relatif mudah. Setelah bahan baku seperti tepung tapioka, garam, terasi, penyedap rasa dicampur, bahan-bahan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mesin penggiling. Kemudian dibentuk seperti mi atau bentuk kotak-kotak tentunya proses pembuatan ini menggunakan tenaga manusia.

Bahan olahan tersebut dicetak menjadi kerupuk mentah, lalu direbus selama 15 menit dengan pasir, bukan minyak goreng, inilah uniknya kerupuk usek Pekalongan, digoreng menggunakan pasir. Kemudian dilanjutkan dengan dijemur. Bahan bakar rebusan, menggunakan grajen (limbah bekas gergaji kayu) dan serabut kelapa.

Kerupuk usek itu biasanya dijemur di depan rumah menggunakan nampah bambu. Waktu penjemuran sekitar 5 hingga 6 jam. Setelah kering, kerupuk usek, dicelupkan ke dalam bumbu bawang putih dan dijemur lagi hingga benar-benar kering dan siap digoreng.

Setelah proses penggorengan, kerupuk usek kemudian dimasukkan ke dalam kantong plastik sesuai ukuran dan siap dijual. Ciri khas menggorang menggunakan pasir gunung atau kali. Pasir diayak dan dipilih yang halus, sehingga ketika menggoreng tidak ada pasir yang menempel pada kerupuk. Bila pasir menempel pada kerupuk, maka kenikmatan memakan kerupuk berkurang.
Pembuat kerupuk usek ada yang menggoreng memakai wajan, ada pula yang menggunakan alat berbentuk molen ukuran kecil. Karena digoreng menggunakan pasir, kerupuk bebas kolesterol, sehingga lebih sehat.

kerupuk usek biasanya dimakan bersama makanan khas pekalongan lainnya yaitu Pindang Tetel. Jika Anda berkunjung ke Pekalongan jangan lupa mencicipi kuliner yang satu ini.

Posting Komentar

 
Top