GuidePedia

0
Rafting atau Arung jeram adalah suatu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram / riam, dengan menggunakan wahana tertentu. Pengertian wahana dalam pengarungan sungai berjeram / riam yaitu sarana / alat yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung. Tujuan berarung jeram bisa dilihat dari sisi olah raga, rekreasi dan ekspedisi. Dalam rafting atau arung jeram membutuhkan kemampuan fisik dan mental karena adanya tantangan alam.

Rafting atau Arung jeram sebagai olah raga kelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai. Tak dapat dibantah bahwa Arung Jeram merupakan olah raga yang penuh resiko (high risk sport). Namun demikian, setiap orang mampu melakukannya asalkan dia dalam kondisi “baik”; baik dalam arti pemahaman teknis, kemampuan membaca medan secara kognitif, dan sehat fisik dan mental.
Foto by: arifhimovich

Lolong merupakan sebuah desa yang berada di tenggara Kecamatan Kajen, ibu kota Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Desa ini berjarak sekitar 9 kilometer dari Kecamatan Kajen atau sekitar 34 kilometer dari jalur pantura Kota Pekalongan. Desa Lolong bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5 jam dari Kota Pekalongan dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Desa Lolong telah menjadi aset bagi masyarakat di wilayah itu. Selain memiliki Durian-nya yang terkenal nikmat, Desa Lolong juga memiliki Sungai Sengkarang dengan lebar sekitar 60 meter yang mengalir di tengah desa, menambah kekayaan alam di Desa Lolong. Sungai Sengkarang itulah yang dijadikan wahana rafting atau arung jeram.

Pada awalnya belum banyak yang menyadari bahwa keindahan alam Desa Lolong merupakan kekayaan. Namun sejak sekitar setahun terakhir, para pemuda Desa Lolong dengan dukungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan, memanfaatkan kekayaan dan keindahan alam Desa Lolong sebagai sebuah desa wisata. Para pemuda menyajikan wisata petualangan alam yang dikemas dalam Lolong Adventure.

Para pengunjung bisa memulai kegiatan arung jeram dengan menyusuri sepanjang sungai dari Lolong sampai Karanganyar. Jika ingin melakukan rafting, pengunjung bisa datang langsung ke basecamp Lolong Rafting yang ada di desa Lolong. Wisata arung jeram di Desa Lolong mulai dioperasikan sejak 1 Januari 2011 dan merupakan satu-satunya wahana wisata alternatif yang ada di wilayah Pantura.

Rafting / arung jeram di Desa Lolong dapat dijadikan alternatif wisata sambil olah raga, sungainya yang deras dan pemandangan alam sekitarnya yang juga eksotis akan menambah semangat untuk menaklukkan sungai di Desa Lolong ini.

Posting Komentar

 
Top