GuidePedia

0
Pada artikel kami sebelumnya, kotapekalongan.net telah membahas salah satu kampung batik yang berada di Kota Pekalongan yaitu kampung batik Kauman, dan sudah dijelaskan pula bahwa sebenarnya di Pekalongan itu rata-rata produksi batik sudah menjamur dan menjadi homeindustri, jadi setiap kecamatan atau bahkan setiap kampung rata-rata ada produksi batik di dalamnya. Namun memang ada beberapa kampung yang sejak lama sudah terkenal dengan batiknya, sehingga kampung tersebut ditetapkan menjadi kampung batik. Selain kampung batik kauman ada satu lagi kampung batik yang berada di Kota Pekalongan. Kampung batik itu bernama Pesindon.



Kampung batik Pesindon terletak tidak jauh dari Kampung Batik Kauman, jaraknya cukup dekat. Kampung batik pesindon berada di Jalan Hayam Wuruk Pekalongan, sebelum arah menuju alun-alun kota Pekalongan. Kampung batik pesindon mempunyai gapura yang di seberangnya terdapat Pasar Anyar. Di samping kanan pintu gerbang masuk kampung batik Pesindon terdapat denah lokasi kampung batik Pesindon Pekalongan, yang menunjukkan titik-titik penting di kampung batik Pesindon. Sehingga para wisatawan bisa mengetahui dengan detail denah wisata dan mengurangi resiko tersesat.



Selain itu, di setiap gang yang mengarah ke salah satu pengrajin batik juga diberikan tanda petunjuk arah nama-nama dari pengrajin batik di kampung batik Pesindon ini. Jadi bagi wisatawan yang sudah mempunyai langganan batik dari kampung batik Pesindon tidak akan kesulitan dalam mencari nama pengrajin batik yang ditujunya.

Secara historis kampung batik Pesindon mungkin tidak jauh berbeda dengan kampung batik Kauman, karena letak kampung batik ini memang bersebelahan. Di kampung wisata batik ini terdapat Paguyuban Pecinta Batik. Atas bantuan dari Pemerintah Kota Pekalongan digagaslah pemberdayaan para pengrajin di Kelurahan Pesindon ini untuk menata diri menjadi Kampung Wisata Batik Pesindon. Kampung Pesindon kemudian diresmikan menjadi kampung batik pada tanggal 31 Maret 2011 atau bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Pekalongan ke 105. Peresmian kampung batik Pesindon ini pimpin langsung oleh Walikota Pekalongan.
Kampung Batik Pesindon ini juga pernah dikunjungi oleh mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono beserta rombongan. Selain itu, Kampung Batik Pesindon ini juga menjadi Wisata Desa Nasional yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif beberapa tahun yg lalu.



Di kampung batik Pesindon, pengunjung dapat menjumpai setidaknya 33 showroom serta workshop pengrajin batik. Tiap showroom akan menyambut ramah para pengunjungnya, mereka melengkapi tiap showroomnya dengan tempat istirahat dan singgah bagi para tamu yang menjamin kenyamanan karena disertai dengan sambutan ramah pramuniaga atau bahkan pemilik usaha (juragan) batik setempat. Mereka juga tak segan mengantarkan pengunjungnya ke rumah-rumah produksi batik bahkan langsung ke pranggoknya (dapur produksi). Harga dari batik itu sendiri cukup bervariasi, tergantung dari kualitas dan bahan yg digunakan. Selain itu, di kampung batik Pesindon ini secara khusus juga memiliki Kantor Sekretariat, telecenter bahkan internet center yang tidak hanya dimanfaatkan untuk mewadahi tujuan promosi dan komunikasi warga setempat, tetapi sekaligus sebagai sarana guna mempermudah transaksi hingga ke manca negara, tempat ibadah, area parkir, dan becak batik sebagai sarana transportasi bagi pengunjung yang ingin jalan-jalan menikmati wisata heritage di kampung batik Pesindon.





Hasil karya batik-batik dari kampung batik Pesindon ini sangat terkenal di mana-mana, dan sudah dijual di mana-mana. Umumnya jenis batik yang termahal yang terbuat dari batik tulis. Corak batik Pekalongan memang terkenal khas, berbeda dengan corak batik Jogja maupun Solo. Harga yang ditawarkan mungkin bagi sebagian orang terasa mahal, namun jika dilihat dengan cermat melalui penilaian kualitas, maka harga yang ditawarkan sangat wajar. Dan jangan salah, harga batik yang ditawarkan di kampung batik Pesindon ini juga bisa ditawar lho.
Banyak butik-butik Jakarta, bahkan di pasar Tanah Abang, menjual batik-batik khas dari Kampung Pesindon ini.




Yang menarik lagi dari kampung batik Pesindon ini adalah, adanya beberapa lukisan besar semacam grafiti di tembok-tembok, dengan gambar-gambar corak batik. Jika anda melakukan perjalanan melalui jalur pantura, sempatkan lah untuk mampir ke salah satu kampung batik ini, karena kampung batik ini berada tepat pada jalur utama.

Posting Komentar

 
Top