GuidePedia

0
Kotapealongan.net – Kajen, banyak media yang mengekspos keindahan Curug Bajing, membuat air terjun cantik di Desa Tlogopakis Kecamatan Petungkriyono itu menjadi salah satu destinasi wisata paling digandrungi di Kabupaten Pekalongan. Minat masyarakat Pekalongan dan sekitarnya untuk mengunjungi Curug Bajing semakin meningkat. Hal ini dapat dilihat dari ribuan tiket masuk yang terjual kepada pengunjung air terjun bertingkat itu selama Januari 2015.

Ketua Persatuan Pendaki Gunung Petungkriyono (PPGP) Adventure, Purwo Susilo mengatakan, animo masyarakat untuk berkunjung ke Eko Wisata Petungkriyono semakin tinggi, khususnya di Curug Bajing. Di hari-hari biasanya saja, pengunjung air terjun ini mencapai 50 sampai 100 orang per hari. Sedangkan di hari Minggu dan Jumat, pengunjung meningkat hingga rata-rata sekitar 200 orang per hari.
“Minat masyarakat Pekalongan dan sekitarnya untuk berkunjung ke Curug ini semakin tinggi. Bahkan di hari-hari biasa saja banyak yang ke sana. Rata-rata, lebih dari 500 tiket masuk terjual setiap minggunya,” kata Purwo.
Bahkan, lanjut dia, di mommen tahun baru 2015 lalu, hanya dalam waktu satu hari lebih dari 2600 tiket masuk laku terjual oleh pengunjung. Kini, warga Petungkriyono terus melakukan kerja bhakti untuk memenuhi fasilitas wisata yang ada di Petungkriyono.
“Dana hasil dari penjualan tiket dan swadaya, masyarakat Petungkriyono sudah mendirikan toilet di lokasi objek wisata Curug Bajing. Fasilitas lain yang sudah ada di antaranya; tempat parkir, camping ground dan sejumlah warung. Akses menuju curug juga semakin mudah. Nantinya akan lebih mudah lagi setelah ada pembangunan jembatan kecil menuju depan air terjun,” ungkapnya.
Ia berharap, ke depan, sarana dan prasarana yang belum ada dapat segera terpenuhi, seperti pembangunan mushola dan shelter. “Saya harap, partisipasi dari masyarakat Petungkriyono dapat lebih maksimal, sehingga potensi wisata di Petungkriyono ini dapat membawa dampak peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” pungkasnya.
Selain karena tiket masuknya yang murah, yakni Rp 3000 per orang, air terjun ini memang diakui keindahannya oleh sejumlah wisatawan lokal Pekalongan maupun luar. Salah seorang pengunjung asal Kota Pekalongan, Invita mengatakan, Objek Wisata Curug Bajing sangat pas untuk relaksasi di luar rutinitas se hari-hari. “Sehingga, pikiran yang tadinya stress, melihat keindahan air terjun di tengah tebing menjulang dengan rerimbunan pohon itu, suasana hati menjadi adem. Di sini, suasana masih alami dan airnya pun segar,” kata Vita.
Sumber berita: Radar Pekalongan

Posting Komentar

 
Top