GuidePedia

0
Muhammad Basyir Ahmad atau yang bernama lengkap dr. H. M. Basyir Ahmad Syawie, lahir di Pekalongan, Jawa Tengah pada tanggal 24 Juli 1953 adalah walikota Pekalongan.
Adalah seorang dokter dan juga merupakan walikota Pekalongan yang menjabat pada periode 2005-2010 dan terpilih kembali untuk periode 2010-2015. Dia merupakan sosok yang disiplin dan tepat waktu. Selain itu Basyir juga punya karakter dan jernih menyikapi permasalahan. Kerjanya efektif, bisa dikejar target, punya gagasan, kaya dengan terobosan , kreatif dan rasional untuk memajukan kota batik. Dia punya ambisi besar untuk memajukan Kota Pekalongan dengan mengedepankan nilai-nilai religius.


Pada awal-awal menjadi Walikota, dia mengajak seluruh jajaran staf untuk memberikan contoh kepada masyarakat. Konsepnya adalah mendelegasikan kewenangan ke bawah, hingga sampai ke tingkat Lurah yang merupakan ujung tombak. Karena dengan diberi kewenangan mereka akan merasa lebih bertanggung jawab dalam melaksanakan program yang telah disepakati bersama. Hasilnya pun lebih efektif.

Muhammad Basyir Ahmad juga membentuk Dewan Riset Daerah (DRD). Dewan ini bertugas memberikan pertimbangan kepada wali kota dalam setiap pengambilan kebijakan. Dewan Riset itu akan memberikan masukan berdasarkan riset, jadi, setiap pengambilan keputusan pemerintah, kami libatkan kalangan ilmiah, sehingga pengambilan keputusan itu tidak hanya berdasarkan feeling saja tetapi berbasis penelitian.

Yang tak kalah penting adalah pelaksanaan program berbasis masyarakat, Atau melibatkan sebanyak mungkin peran serta masyarakat. Misalnya di tingkat Keluraha semua elemen saya libatkan. Mulai dari Lurah dan stafnya, LPM, PKK dan Karang Taruna. Karena jika tidak, akan ada upaya saling menjegal.

Dengan kinerja-kinerjanya itu Kota Pekalongan meraih penghargaan ICT Pura dari Pemerintah RI. Padahal, sejatinya niat Pemkot Pekalongan memanfaatkan TIK semata demi kepuasan layanan publik. Tapi malah mendapat anugerah bergengsi, penghargaan Information Technology Communication (ITC) pada tahun 2011.

Muhammad Basyir Ahmad kini menjadi sosok yang dibanggakan warga Kota Pekalongan, terbukti dengan terpilihnya beliau sebagai wali Kota Pekalongan untuk yang kedua kalinya menjadikan orang nomor satu di Kota Pekalongan ini semakin dekat dihati masyarakat Kota Pekalongan.

Posting Komentar

 
Top