GuidePedia

0
Lopis raksasa merupakan salah satu acara kebudayaan yang ada di Pekalongan. Kota Pekalongan disamping terkenal dengan batiknya, kota ini juga mempunyai beragam wisata kebudayaan salah satunya adalah wisata kebudayaan lopis raksasa ini. Tradisi ini tetap terpelihara secara turun temurun dalam kurun waktu yang panjang. Para wisatawan yang ketika berkunjung bertepatan dengan penyelenggaraan acara tradisional lopis raksasa ini bisa ikut menyaksikan jalannya upacara yang cukup menarik dan unik.


Syawalan merupakan tradisi masyarakat Kota Pekalongan khususnya masyarakat Daerah Krapyak di bagian utara Kota Pekalongan, yang dilaksanakan pada setiap hari ketujuh sesudah Hari Raya Idul Fitri atau pada tanggal 8 syawal. Hal yang paling menarik dalam pelaksanaan tradisi ini adalah dibuatnya Lopis Raksasa yang ukurannya mencapai tinggi 2 meter dengan diameter 1,5 meter dan berat mencapai 500 Kg.

Setelah acara do’a bersama, Lopis Raksasa kemudian dipotong oleh Walikota Pekalongan dan dibagi-bagikan kepada para pengunjung. Para perngunjung biasanya berebut untuk mendapatkan Lopis tersebut yang maksudnya untuk mendapat berkah. Pembuatan Lopis dimaksudkan untuk mempererat tali silahturahmi antar masyarakat Krapyak dengan masyarakat daerah sekitarnya, hal ini diidentikkan dengan sifat Lopis yang lengket atau merekatkan.


Masyarakat Krapyak juga biasanya menyediakan makanan ringan dan minuman secara gratis kepada para pengunjung. Jumlah pengunjung pada tradisi ini mencapai ribuan orang yang berasal dari seluruh Kota Pekalongan dan sekitarnya. Setelah pembagian Lopis selesai, biasanya para pengunjung berbondong-bondong ke Obyek Wisata Pantai Slamaran Indah untuk berlibur bersama keluarga sekedar menikmati kesegaran udara pantai atau menikmati meriahnya hiburan gratis yang telah dipersiapkan masyarakat Krapyak sebelumnya.  




Lopis raksasa inilah yang menjadi salah satu wisata kebudayaan yang khas di Pekalongan dan harapannya dapat menarik wisatawan dari dalam maupun luar daerah.

[Trans Pekalongan]

Posting Komentar

 
Top