GuidePedia

0
Kotapekalongan.net - Pemkot Pekalongan mengajukan tiga tempat untuk dipilih menjadi lokasi dibangunnya Teknopark.

Tiga lokasi tersebut adalah Wilayah tambak Degayu, Pusat Informasi Mangrove, dan Pasar Ikan Tradisional. Demikian disampaikan oleh Kepala Bappeda Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih kepada wartawan, seusai melangsungkan rapat bersama BPPT di ruang Kalijaga, kemarin.



Sri Ruminingsih mengatakan bahwa, dari tiga wilayah tersebut diajukan untuk ditinjau oleh tim dari BPPT, kemudian dipilih satu yang paling potensial dan representatif dibangun Teknopark. “Teknopark ini adalah Teknopark untuk perikanan, sehingga lokasinya harus di utara yang dekat dengan laut, kami ajukan tiga lokasi untuk kemudian dipilih yang paling potensi, dan yang paling baik untuk dibangun Teknopark,”ucapnya.
Menurut rencana, lanjut Sri, pembangunan Teknopark kemungkinan akan mulai beroperasi pada bulan Maret mendatang. Ia berharap dengan dibangunnya Teknopark di bidang perikanan ini, mampu meningkatkan potensi perikanan di Kota Pekalongan.
“Harapannya tentu dengan dibangunnya Teknopark ini, Perikanan di Kota Pekalongan dapat meningkat, baik untuk sektor perikanan tangkap, maupun untuk sektor perikanan budidaya, sehingga kebutuhan ikan di Kota Pekalongan bisa dipenuhi, dan kalau bisa sampai ekspor,”jelas Sri.
Sementara itu, perwakilan BPPT untuk Bidang Pengkajian Kebijakan Teknologi, Tatang Akhmad mengatakan, bahwa Teknopark ini merupakan program dari pemerintah untuk menerapkan teknologi dalam sektor perikanan guna meningkatkaan potensi yang ada. “Pemerintah memprogramkan ada 100 Teknopark untuk Kabupaten dan Kota se Indonesia, dan Pekalongan menjadi salah satu yang mendapatkan teknopark untuk sektor perikanan,”katanya.
Dana yang dianggarkan untuk Teknopark ini sebesar 10 M, dengan lokasi yang diperlukan minimal 5 hektare untuk tampak uji coba dan beberapa fasilitas pendukung. Rencanannya, lanjut Tatang, Teknopark ini tidak hanya untuk transfer teknologi dari BPPT kepada para petambak lokal, namun juga mampu memberikan inovasi dalam masalah pengambangan perikanan. “Harapannya selain untuk meningkatakan potensi perikanan, dan transfer teknologi. Teknopark juga bisa menjadi sarana untuk membuat inovasi dalam perikanan, sehingga ada terobosan-terobosan maju dalam bidang perikanan,” pungkasnya.

Sumber Berita: Radar Pekalongan

Posting Komentar

 
Top